Seputar Film

Review Enter The Fat Dragon, Dikala Donnie Yen Mengikuti Jackie Chan

Ketika kami mendengar judul Enter the Fat Dragon, hal yang pertama kali terbayang yakni film silat tahun 80-an yang dibintangi oleh Sammo Hung. Ternyata model gres yang dibintangi oleh Donnie Yen sangat berlawanan dengan versi lamanya. Satu-satunya kesamaan keduanya yaitu, mereka sama-sama jago silat yang digambarkan memiliki bobot di atas 100 kg.

1. Donnie Yen jadi polisi dengan kemauan keras

Review Enter the Fat Dragon, Saat Donnie Yen Mengikuti Jackie Chan 21cineplex.com

Fallon Zhu (Donnie Yen) ialah seorang polisi yang memiliki kemauan keras dan rasa keadilan yang tinggi. Sayangnya kemauan dan keadilan tersebut diterima oleh orang-orang sekitarnya selaku sesuatu yang berlainan. Aksi-agresi Fallon kerap menghancurkan kota, begitu pun disiplin dirinya kerap menyulitkan anak buah.

Banyak sekali orang-orang yang menggambarkan Fallon selaku seorang Superman yang ingin menghentikan Bumi berputar. Pada pada dasarnya semua orang membenci Fallon dan menghendaki Fallon untuk dipindah tugaskan menjadi bab dari petugas kantoran yang tidak beraksi di lapangan.

Hari yang dinanti-nanti itu datang juga. Pada hari tersebut Fallon seharusnya melaksanakan foto pre-wedding bareng Chloe (Niki Chow), sayang ternyata dirinya terjebak di tengah-tengah perampokan bank bersenjata. Memang pada balasannya Fallon berhasil menghentikan perampokan tersebut dan menangkap semua penjahat. Tapi hal ini menjadikan dirinya tidak bisa hadir ke pre-wedding dan hampir menabrak sang inspektur kepala.

Hasilnya Fallon terkena mutasi dan kehilangan Chloe. Pada pekerjaan barunya selaku tukang jaga barang bukti, Fallon tidak pernah bergerak terlebih beraksi. Kondisi ini ditambah lagi dengan beban anggapan yang berat. Hasilnya Fallon makan terus dan menggendut hingga 100 kg lebih.

Pada suatu potensi Fallon mendapatkan sebuah perkara yang mengharuskan dirinya pergi ke Jepang. Mendengar dirinya akan aktif sekali lagi, Fallon sangat antusiasdalam memecahkan perkara tersebut. Sayang, perkara tersebut melibatkan kelompok Yakuza besar di Jepang dan Chloe secara tidak sengaja ikut terseret di dalamnya.

2. Rute yang seperti dengan Jackie Chan

Review Enter the Fat Dragon, Saat Donnie Yen Mengikuti Jackie Chan 21cineplex.com

Menyaksikan secara langsung Enter the Fat Dragon, mengingatkan kami akan film-film Jackie Chan di era 90-an. Lebih tepatnya abad Mr. Nice Guy, Who Am I? dan Police Story 4: First Strike. Walaupun tidak mirip 100 persen, namun format cerita dan koreografinya sungguh mirip.

Tampaknya hal ini disengaja oleh Donnie Yen biar sosoknya tidak habis begitu saja ketika Ip Man ditutup di Ip Man 4: The Finale. Usahanya sih boleh juga, tetapi sayang kami tidak memperoleh plot yang terintegrasi dengan baik ataupun berkelanjutan. Selain itu tuduhan jika Fallon ingin menjadi Superman dan menghentikan Bumi berputar, terdengar sangat minim makna. Salah-salah penonton malah menganggap bab ini terdengar seperti kaset rusak yang mengulang-ngulang terus kalimat yang sama.

Selain mendapatkan masalah yang serius di bagian integrasi kisah, kamu juga akan merasakan jikalau Fallon yang gemuk tidak mempunyai efek apapun ke dalam dongeng. Kamu akan melihat Fallon melompat ke sana kemari, melakukan gerakan Kung Fu tanpa masalah. Paling satu-satunya hal yang besar lengan berkuasa hanyalah di bagian saling menghina bentuk tubuh yang terjadi di bagian final film.

3. Akting komikal yang merepotkan diketahui

Review Enter the Fat Dragon, Saat Donnie Yen Mengikuti Jackie Chan 21cineplex.com

Bumbu-bumbu komedi dan akting yang menghiasi film ini juga terkesan khas ala Wong Jing. Maksudnya yakni agak slapstick, blak-blakan, dan kadang mungkin hanya dikenali beberapa orang tertentu.

Sindiran sosial juga mampu tampakdari berbagai adegan yang ditampilkan secara unik. Seperti bagaimana media saling berlomba-kontes mengejar-ngejar rating, hingga merekayasa insiden dengan pemberitaan bombastis. Bagaimana para polisi malas menghadapi perkara, sehingga ketika Fallon berpindah divisi, banyak orang yang bergembira. Dan tak lupa duduk perkara percintaan dan kekalutan yang bisa terjadi pada semua orang. Bahkan pada seorang Superman sekalipun.

Bagi yang belum tahu siapa itu Wong Jing, dialah sutradara Hong Kong yang menelurkan film-film komedi agresi mirip God of Gamblers dan From Vegas to Macau. Tak semua film Wong Jing juga patut ditonton atau dikenang, dan sepertinya Enter the Fat Dragon menjadi salah satu film yang akan terlewatkan.

4. Kesimpulan? Film komedi silat yang cukup menghibur

Review Enter the Fat Dragon, Saat Donnie Yen Mengikuti Jackie Chan 21cineplex.com

Enter the Fat Dragon bukanlah film komedi silat yang gampang dimengerti siapa saja. Pada dasarnya kau akan memahami garis besar dari dongeng yang terjadi di dalamnya. Tetapi mengenang plotnya sungguh acak-acakan, maka jangan heran kalau kau bakal merasa bosan di tengah-tengah film.

Enter the Fat Dragon masih berhak mendapatkan nilai 3 dari 5 bintang review. Sebab di dalamnya kau masih menerima koreografi yang solid dan seru, khas dari Donnie Yen dan Jackie Chan. Yah, mau bagaimana lagi, keduanya memang sangat mirip di film ini.

https://www.youtube.com/embed/aDnvnum3zJ0

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button